Sistem Informasi Akademik Mahasiswa
Pengumuman

INFORMASI PENTING!!

PENGUMUMAN

Nomor : 327/II.3.AU/F/1/2021

Tentang

PANDUAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN

 MASA PANDEMI COVID-19 DAN HER-REGISTRASI MAHASISWA

SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2020/2021

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

 

Diberitahukan kepada seluruh Dosen dan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau, mengenai Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 dan Her-Registrasi  Mahasiswa Semester  Genap Tahun Akademik 2020/2021 di lingkungan Universitas Muhammadiyah Riau sebagai berikut :

                KETENTUAN DASAR

a. Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021

b. Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0173/E.E2/PM/2021, perihal Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021

c. Peraturan Gubernur Riau Nomor 55 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Di Provinsi Riau

d. Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 104 Tahun 2020 Tentang Pedoman Perilaku Hidup Baru Masyarakat Produktif dan Aman Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Di Kota Pekanbaru.

e. Surat Edaran Rektor Universitas Muhammadiyah Riau Nomor : 639/II.3.AU/F/1/2020 Tentang Protokol Kesehatan Dalam Rangka Penanggulangan Covid-19 di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Riau.

      II.            SISTEM PEMBELAJARAN

Sistem Pembelajaran Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 di Universitas Muhammadiyah Riau diselenggarakan secara campuran – tatap muka dan dalam jaringan (hybrid learning).

 

    III.            PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN

a.   Waktu Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021  di Universitas Muhammadiyah Riau pada tanggal 29 Maret s.d 19 Agustus 2021.

b.   Pembelajaran tatap muka dan dalam jaringan diselenggarakan sesuai dengan penjadwalan yang telah di tetapkan baik penjadwalan kelas Reguler A maupun Reguler B.

c.  Mahasiswa yang terdapat dalam 1 (satu) kelas pada setiap Mata Kuliah disebut Rombongan Belajar (rombel). Setiap rombel dibagi menjadi 2 kelompok belajar (pembagian kelompok belajar ditentukan oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah atau sesuai kebijakan Fakultas/Program Studi masing-masing). Masing-masing kelompok berjumlah 20 Orang Mahasiswa.

d.  Setiap kelompok mendapatkan kesempatan pembelajaran secara online minimal 8 kali tatap muka secara bergantian dengan pengaturan waktu   diserahkan kepada kebijakan Fakultas/Program Studi masing-masing.

   IV.            KETENTUAN HER-REGISTRASI

Kegiatan Her-Registrasi Semester Genap adalah Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) yang dilakukan oleh seluruh Mahasiswa Aktif pada Tahun Akademik 2020/2021 dan tidak dapat diwakilkan. Mahasiswa yang akan melakukan Her-Registrasi wajib melunasi seluruh keuangan pada semester Genap 2020/2021 atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

A.     PENGISIAN KARTU RENCANA STUDI (KRS) ONLINE

1. Mahasiswa dapat melihat Informasi sajian Mata Kuliah sebelum melakukan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Online.

2. Informasi sajian Mata Kuliah dapat dilihat di Buku Panduan Akademik dan di Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM).

3. Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) dilaksanakan pada tanggal, 14-27 Maret 2021.

4. Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) dilakukan melalui Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM).

5. Kartu Rencana Studi (KRS) yang telah disetujui oleh Penasehat Akademik (PA) dan telah di verifikasi oleh Ketua Program Studi dapat di download/dicetak untuk di dokumentasikan. 

B.      BIMBINGAN AKADEMIK ONLINE

1. Bimbingan Akademik Online adalah Bimbingan yang diberikan oleh Pembimbing Akademik (PA) kepada Mahasiswa dalam bidang Akademik selama masa Studinya yang dilaksanakan secara Online.

2. Bimbingan Akademik Online  dilakukan sebelum  Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Online melalui Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) di menu Halaman Rencana Studi

3. Penasehat Akademik (PA) adalah Dosen yang ditunjuk oleh Universitas untuk tugas Perwalian Mahasiswa dalam proses belajar mengajar selama Program Studi Berlangsung untuk mengetahui dan memonitor perkembangan setiap mahasiswa yang berada dibawah bimbingannya. 

     V.            KETENTUAN KHUSUS

1. Mahasiswa yang mengambil  Mata Kuliah Skripsi/Tugas Akhir, Tetap melakukan pengisian Kartu Rencana Studi Online.

2. Mahasiswa yang berkehendak Cuti Kuliah dapat mengajukan permohonan Cutinya di sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM), batas akhir pengambilan Cuti Kuliah pada tanggal 14 April 2021.

3. Mahasiswa Baru (Angkatan 2020) tidak diperkenankan untuk mengambil Cuti Kuliah

4. Bagi mahasiswa yang tidak Her-Registrasi dinyatakan berstatus sebagai mahasiswa PASIF, dan yang bersangkutan tidak diperkenankan mengikuti semua jenis kegiatan dan layanan akademik.

   VI.            JADWAL PENGISIAN KARTU RENCANA STUDI ONLINE

Jadwal pengisian KRS sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yaitu :

No

Tanggal

Program Studi

1.

14-20

Maret  2021

Teknik Mesin, Mesin Otomotif, Fisika,  Kebidanan, Akuntansi, Ekonomi  Pembangunan, Teknik Informatika, Hubungan Masyarakat, Pendidikan Informatika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika, Psikologi Islam, Perbankan Syariah.

2.

21-27

Maret  2021

Teknik Industri, Teknik Kimia, Keperawatan, Kimia, Biologi, Farmasi, Manajemen, Keuangan dan Perbankan, Ilmu   Komunikasi, Sistem Informasi, Pendidikan IPA, Ilmu Hukum, Pendidikan Guru  Madrasah Ibtidaiyah.

 

Demikian Pengumuman ini disampaikan untuk diketahui dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

 

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

                                                                                                      Pekanbaru, 26  Rajab   1442 H

                                                                                                                          10  Maret 2021 M

 

                                                                                                        Wakil Rektor I,

Dto 

Sri Fitria Retnawaty, S.Si., MT

                                                                                              NPK : 08 060379 2009 02 043